Nagari Singkarak Kabupaten Solok Optimis Menjadi Terbaik di Sumbar, Dalam Lomba Gerakan TP-PKK Tingkat Provinsi

Arosuka Solok, integritasmedia.com - NAGARI Singkarak mewakili Kabupaten Solok dalam penilaian Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023. Dalam perlombaan ini tidak hanya sekadar ajang perlombaan, melainkan juga ajang untuk mempererat tali silaturahmi atara sesama. Dan juga pada ajang perlombaan itu juga untuk melihat sejauh mana PKK sudah menjalankan 10 program pokok PKK ditengah masyarakat.


Melihat peran dan kiprah TP-PKK Nagari Singkarak dibawah binaan  TP-PKK Kabupaten Solok selama ini. Saya Optimis Nagari Singkarak Menjadi Terbaik di Sumbar,  Dalam Lomba Gerakan TP-PKK Tingkat Sumatra Barat," ujar Bupati Solok Epyardi Asda, Selasa (23/5/23) di Singkarak.


Kedatangan tim penilai yang dipimpin Ketua TP PKK Provinsi Sumbar Ummi Harneli Mahyeldi didampingi anggota. Disambut langsung Bupati Solok Epyardi Asda bersama Ketua TP PKK Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Ivoni Munir, Kepala OPD, anggota TP-PKK Kab Solok dan undangan lainnya.


Bupati Solok Epyardi Asda menyampaikan,  perlombaan ini juga bisa untuk mengukur dan meningkatkan kekompakan kader dalam menjalankan program pokok PKK. "Saya berharap Nagari Singkarak bisa memberikan hasil yang terbaik, dan menjadi yang terbaik," ujarnya. 


Epyardi Asda juga mengharapkan kepada seluruh kader TP-PKK Kabupaten Solok untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Tentu saja bukan hanya dalam bentuk euforia namun juga memikirkan dampak yang baik bagi Kabupaten Solok. "Jika semangat PKK terus diberdayakan maka akan dapat membawa Kabupaten Solok Bangkit menjadi yang terbaik,"sebut Bupati Solok.


Bupati berharap kepada seluruh Tim Penggerak PKK Kabupaten Solok untuk menampilkan yang terbaik, sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Walaupun masih terdapat kekurangan insyallah untuk dimasa yang akan datang bisa kita perbaiki menjadi lebih baik lagi.


Sementara Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. Emiko Epyardi Asda mengatakan, Gerakan PKK adalah suatu gerakan pembangunan masyarakat yang berasal dari, dan untuk masyarakat. Tujuannya adalah untuk menciptakan keluarga yang bertaqwa, keluarga yang mempunyai akhlak mulia dan berbudi luhur, keluarga yang sehat sejahtera, maju, mandiri. " Dan, keluarga yang memiliki kesetaraan dan keadilan gender, serta kesadaran hukum dan lingkungan satu sama lain," ujarnya.


Hingga saat ini, katanya, kader PKK Kabupaten Solok selalu giat menjalankan 10 program pokok PKK. Salah satunya mencegah stunting. "Alhamdulillah, dalam menjalankan perannya, kader PKK kami tetap gigih dan terus meningkatkan inovasi dalam menjalankan program PKK.


Sejalan dengan hal itu, sebut Emiko,  saat ini Nagari Singkarak menjadi pilihan kami untuk dinilai. Karena Nagari Singkarak telah menjadi Pemenang Lomba Gerakan PKK Tingkat Kabupaten Solok yang telah dilaksanakan sebelumnya. Dan kami meyakini  bakal bisa jadi yang terbaik nantinya," tutur Emiko.


Makanya dengan pelaksanaan lomba ini,  tentu akan memberikan penghargaan dan juga pengakuan terhadap kadar-kader PKK. Serta juga akan meningkatkan dan memotivasi kader untuk mewujudkan inovasi yang lebih banyak lagi dalam program PKK.


Dia menyebutkan, dengan kehadiran OPD pada saat ini, menunjukkan bentuk dukungan dari Pemerintah Kabupaten Solok. Terhadap setiap Gerakan PKK di Kabupaten Solok. "Karena Gerakan PKK berperan mendukung Program Pemerintah demi mewujudkan Kesejahteraan Keluarga di Kabupaten Solok," cetusnya.


Pada kesempatan itu, Ketua TP-PKK Provinsi Sumatra Barat Ummi Harneli Mahyeldi menyampaikan. Adapun penilaian ini adalah merupakan evaluasi terhadap gerakan PKK yang ada di setiap daerah. Sekaligus memberikan pembinaan langsung oleh tim penilai provinsi kepada pengurus TP-PKK yang ada di tingkat Kota/Kabupaten, Kecamatan dan Nagari serta Kelurahan.


"Lomba gerakan PKK ini merupakan ajang dalam memantau dan mengevaluasi sejauh mana capaian 10 program pokok PKK di Nagari atau Desa yang ada di Sumatera Barat, " tukasnya.


Maka kehadiran seluruh unsur dan semua pihak, baik dari Pemerintah Daerah, Forkopimda maupun masyarakat. Serta sambutan yang meriah pada hari ini semoga dapat menjadi nilai tambah nantinya bagi tim penilai.


Disebutkan Ummi Harneli, setidaknya ada lima kategori yang akan dinilai dalam Lomba Gerakan PKK Provinsi ini. Di antaranya Lomba Tertib Administrasi PKK, Penilaian Lomba Paredi, Penilaian UP2K PKK, dan vlog produk UP2K PKK.  Penilaian Kawasan Aku Hatinya PKK, dan penilaian PHBS Plus.


Kelimanya dinilai tim dengan dengan baik. "Untuk itu, tunjukkanlah kesemua kategori itu kepada tim penilai agar Kabupaten Solok bisa jadi yang terbaik," sebutnya. 


Kemudian, Acara dilanjutkan dengan Ekspos Gerakan PKK Nagari Singkarak oleh Ketua TP-PKK Nagari Singkarak Rika Rahman.(rtm)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama