Antoni Surya Roza Pimpinan Integritasmedia Group Resmi Sandang Gelar Datuak Djolelo

Dt. Djolelo bersama para datuak lainnya dalam palewaan gala sako di Kenagarian Pasie Laweh

Tanah Datar, integritasmedia.com - "NAN gaek datang batungkek, nan buto datang bairik-irik" itulah sekelumit gambaran betapa gembiranya masyarakat menyambut Baralek Gadang Nagari Pasie Laweh, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar, dalam malewakan gala atas 31 orang ninik mamak, Sabtu (26/8/23).


Dan, salah satu dari ke 31 ninik mamak tersebut, salah satunnya adalah Antoni Surya Roza, A.Md dengan gelar Datuak Djolelo.


Diketahui, Dt. Djolelo ini adalah pemimpin integritasmedia group yang mebawahi beberapa media, seperti Tambloid Integritas, www.integritasmedia.com, www.fokurteropong.com, dan integTV.


"Batagak pangulu merupakan upacara adat yang cukup sakral di Minangkabau dalam rangka meresmikan seseorang menjadi penghulu. Dalam hal ini pengangkatan atau peresmian penghulu tidak dapat dilakukan oleh keluarga yang bersangkutan saja", beber Dt. Djolelo.


Dilanjutkannya, sangsako merupakan gelar kehormatan yang diberikan kepada seseorang yang dinilai telah berjasa, berprestasi mengharumkan Minangkabau, agama Islam, bangsa dan negara. Fungsi gelar Sangsako dalam adat Minangkabau berfungsi sebagai lambang kebesaran kaum dalam bemasyarakat dan bernagari.


Bahkan, Penghulu juga berfungsi sebagai kepala pemerintahan. Karena itu Sako dalam adat Minangkabau berfungsi sebagai lambang kebesaran kaum. Dengan mengenal nama Sako orang mengerti Dari mana asal seseorang. Ia anak buah dari penghulu mana dan memakai keselarasan adat mana, tegasnya lagi.


"Terlepas dari itu, ke depan Saya selaku pangulu yang telah menyandang gala Sako akan menjadi pengayom bagi anak kemenakan serta juga mendukung program kegiatan di nagari ataupun Pemerintah Tanah Datar, terutama dalam menghidupkan dan melestarikan kembali adat budaya salingka nagari," harapnya.


Terakhir Datuak Djolelo menyampaikan, terima kasih atas dukungan semua pihak, baik di kampung halaman ataupun yang ada di rantau, sehingga kegiatan palewakan gala ini dapat terlaksana baik, pungkasnya.(henni andri)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama