Pemko Dukung Penuh dan Beri Apresiasi Semua Program KONI Kota Solok Dalam Pembinaan Olahraga Daerah

Kota Solok, integritasmedia.com - PEMERINTAH Kota Solok sangat mendukung penuh dan berikan apresiasi segala program pengembangan dan pembinaan olahraga daerah. Termasuk dengan melengkapi beragam fasilitas olahraga yang representatif bagi semua insan olahraga daerah.


Tentunya, program pengembangan dan pembinaan tidak akan berjalan tanpa dukungan semua stakeholder terkait. Mulai dari DPRD, dinas terkait, pengurus dan pelatih cabang olahraga serta masyarakat Kota Solok," ujar Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra Senin, (21/8/23).


Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra menyatakan, Selain segala fasilitas yang telah dipersiapkan. Pemko Solok bersama Koni juga bakal memberikan reward kepada atlet dan pelatih berprestasi. Karena untuk bisa meraih prestasi butuh pengorbanan dan kerja keras. Atlet dan pelatih terkadang harus meninggalkan keluarga demi membela nama daerah.


“Untuk sampai pada titik prestasi, tentu perlu kerja keras dan pengorbanan dari setiap atlet dan pelatih, dan itu harus dihargai. Julukan sebagai patriot olahraga sangat pantas disematkan kepada para atlet yang telah mengharumkan nama daerah maupun bangsa,” kata Dhani.


Dengan adanya perhatian serius terhadap atlet dan pelatih berprestasi akan memacu semangat untuk mengukir prestasi yang lebih baik ke depannya. Selain itu, juga menjadi motivasi bagi atlet-atlet lain untuk lebih giat dalam berlatih dalam menatap berbagai ajang olahraga ke depannya.


“Melalui KONI, bersama-sama kita bangun olahraga di kota yang kita cintai ini. Dan kepada atlet kami mengharapkan tetap fokus berlatih agar nantinya dapat meraih prestasi yang gemilang pada ajang olahraga baik itu tingkat daerah, provinsi, nasional maupun internasional,” tutup Dhani.


Mempersiapkan hal itu, Pemerintah Kota Solok saat ini tengah mengebut pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) Marah Hadin di kawasan Laing. Pengerjaan GOR tersebut telah mulai tahun 2022, targetnya bisa rampung secepatnya.


“Kita perkirakan, biaya pembangunan mencapai Rp26 miliar. Alhamdulillah, kita dapat dukungan dana bantuan khusus dari provinsi sebesar Rp12 miliar dari provinsi, selebihnya kita akomodir melalui APBD Kota Solok,” beber Dhani.


Sementara Ketua KONI Kota Solok, Rudi Horizon mengatakan, pihaknya menargetkan masuk lima besar perolehan medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar tahun 2024 mendatang. Untuk menatap hal itu, KONI Kota Solok terus menggenjot segala persiapan guna menatap pelaksanaan Porprov yang rencananya digelar pada 2024.


Kita saat ini tengah mendata seluruh potensi atlet yang ada di Kota Solok, termasuk yang berkiprah di daerah lain. Kita imbau, untuk kembali membela daerah. Disamping pemetaan potensi atlet dan cabor yang berpeluang mendulang medali. KONI Kota Solok juga terus melakukan pembinan bagi seluruh cabang olahraga. 


"KONI juga memfasilitasi pemenuhan fasilitas cabor dan membiayai atlet potensial untuk mengikuti beragam kejuaraan. Dan kesemuai itu telah dan tengah kita laksanakan," ujarnya.


“Kesemuanya kita mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota Solok dan lembaga DPRD. Insya Allah ini menjadi modal dan motivasi bagi pengurus KONI, Cabor dan atlet untuk mengharumkan nama daerah,” kata Rudi Horizon.


Selain itu kata Rudi, KONI Kota Solok terus melakukan langkah inovatif dalam mendorong peningkatan prestasi olahraga daerah. Salah satunya dengan memfasilitasi atlet dan pelatih berprestasi dengan uang pembinaan setiap bulannya. "Selain itu, KONI Kota Solok juga memberikan jaminan terhadap seluruh atlet dan pelatih melalui program BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya.


Dhani berharap, dengan semakin lengkapnya fasilitas olahraga Kota Solok, termasuk GOR Marah Hadin, semakin mendorong gairah olahraga generasi muda. Kota Solok siap menjadi tuan rumah secara mandiri dalam ajang Porprov memndatang.(tmry)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama