Mantapkan Pendidikan Berkwalitas, SD 03 Kampung Jawa Jadi Percontohan Penerapan Cha-Ching Curiculum Internasional

Kota Solok, integritasmedia.com - MENETAPKAN pendidikan berkwalitas, SD 03 Kampung Jawa jadi percontohan penerapan Cha-Ching Curiculum Internasional,  Organisasi Prestasi Junior Indonesia Robert Gardiner dan Senior Trainer and Program Support Syafril Rizal lakukan kontrak kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Solok dalam program Cha-Ching Curiculum.


Penandatanganan kontrak kerjasama itu dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Solok Irsyad bersama Organisasi Prestasi Junior Indonesia Mr Robert Garnier di Aula Dinas Pendidikan Kota Solok,(15/1/24).


Kegiatan ini, dihadiri oleh pihak PJI dan pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan yang diantaranya Kepala Dinas Pendidikan Irsyad, Sekretaris Dinas Pendidikan Dr.Asrinur, Kabid Dikdas Desriyondra, Kabid Paud Sri Puji Astuti, Pengawas Sekolah, Penilik Sekolah, serta Kepala Sekolah SD dan SMP.


Menurut Robert Gardiner, Cha-Ching Curriculum merupakan sebuah program literasi keuangan yang mengajarkan tentang keterampilan pengelolaan keuangan pribadi.


“Jadi, anak-anak akan diajarkan bagaimana pengelolaan keuangan pribadi, juga literasi keuangan itu sendiri. Sedangkan nantinya akan ditujukan bagi siswa kelas V sekolah dasar,” katanya.


Dengan demikian, para siswa nantinya akan diajak untuk berpikir kritis dalam membuat keputusan mengenai cara mengelola keuangan dengan menggunakan empat konsep dasar pengelolan keuangan.


“Yang mana, empat konsep dasar tersebut adalah mendapatkan (earn), menabung (save), membelanjakan (spend), dan menyumbang (donate) dalam kehidupan mereka sehari-hari,” ucapnya.


Lebih lanjut, program ini menggunakan sistem pembelajaran blended learning, dimana dalam penyampaiannya guru akan dibantu dengan penggunaan video sebagai salah satu media pembelajarannya.


“Nantinya, program ini akan disampaikan oleh para guru pengajar kelas V, yang akan mendapatkan pelatihan dari kami melalui kegiatan Training of Teacher,” jelasnya.


Selain itu, Robert Gardiner dari Organisasi Prestasi Junior Indonesia (PJI) bersama Senior Trainer and Program Support Syafril Riza apresiasi penerapan Cha-Ching Curiculum yang telah diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Solok. 


Kedatangan Robert bersama Syafril Riza (Senior Trainer and Program Support) bertujuan untuk meninjau perkembangan implementasi program Cha-Ching Curiculum yang telah diselenggarakan disekolah.


Dengan itu, nantinya diharapkan kepada para siswa dapat belajar mengatur keuangan sejak dini serta mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan.


Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok Irsyad kemudian menyampaikan, bahwa ini merupakan salah satu program inovasi pengembangan kurikulum di tahun 2024. 


“Program Cha-ching Curiculum ini merupakan inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Solok, untuk pemberian pembekalan kepada siswa siswi dalam pengelolaan keuangan dasar. Maka program ini sangat bermanfaat untuk siswa siswi kita,” ungkap Irsyad.


Sementara itu, Tim dari PJI yang didampingi pejabat Dinas Pendidikan juga mengunjungi SDN 03 Kampung Jawa dan SDN 09 PPA. Dalam kunjungan itu, Mr Robert mengapresiasi perkembangan Cha-Ching Curiculum yang diberikan kepada siswa kelas V Kota Solok ini.


“Siswa siswi disini terlihat sangat senang dan bersemangat dalam mempelajari sesuatu yang baru, serta mereka terlihat tertarik dengan video pembelajaran Cha-Ching Curiculum ini. Semoga Cha-Ching Curiculum ini dapat membantunya dalam kehidupan yang akan datang,” tutur Robert.(tomi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama