Pengendalian Inflasi Pemerintah Kabupaten Solok Melalui Dinas Pertanian Menggelar Giat Pasar Tani

Arosuka Solok, integritasmedia.com - DALAM upaya  pengendalian Inflasi Daerah, Pemerintah Kabupaten Solok lakukan inovasi berupa pelaksanaan kegiatan pasar tani. Acara yang penuh berkah itu digelar di Masjid Al-Izzah Kawasan Perkantoran Bupati Solok, Jum'at (12/1/24).


Hari ini Pemerintah Kabupaten Solok melalui Dinas Pertanian menggelar giat Pasar Tani yang menjual hasil pertanian milik Masyarakat Petani di Kabupaten Solok. "Hal ini diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat petani. Dan sekaligus dapat menekan angka inflasi di Kabupaten Solok," sebut Sekda Kabupaten Solok Medison.


"Pasar Tani ini direncanakan akan dilaksanakan setiap minggunya pada hari Jum'at, sehabis wirid pagi bertempat di depan Mushalla Al-Izzah Kawasan Perkantoran Bupati Solok," sebutnya.


Menurut Medison, pelaksanaan pasar tani ini bakal rutin kita laksanakan yang dipusatkan di Area pusat perkantoran Kantor Bupati Solok di Arosuka. Ini sangat besar manfaatnya terutama bagi masyarakat petani yang ada di Kabupaten Solok.


Dia menyatakan, pelaksanaan pasar tani yang dilaksanakan sangat tetpokus  pada pasar cabe, wortel, kentang, tomat dan sayur-sayuran dan lainnya. Kehadiranya akan dilaksanakan seminggunya pada hari Jum’at sehabis wirid pagi.


Pihaknya menyatakan, pasar Tani ini adalah dalam rangka pengendalian Inflasi Daerah, Pemerintah Kabupaten Solok lakukan inovasi berupa pelaksanaan kegiatan pasar tani yang digelar di Masjid Al-Izzah Kawasan Perkantoran Bupati Solok,.


"Hari ini Pemerintah Kabupaten Solok melalui Dinas Pertanian menggelar giat Pasar Tani yang menjual hasil pertanian milik Masyarakat Petani di Kabupaten Solok," ujar Sekkab Solok Medison.


Pasar Tani tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat petani dan sekaligus dapat menekan angka inflasi di Kabupaten Solok.


Pasar Tani ini direncanakan akan rutin dilaksanakan setiap minggunya, pada hari Jumat di komplek perkantoran bupati, Arosuka. Hal tersebut bertujuan untuk mengajak ASN untuk membeli hasil pertanian langsung ke petani. 


Sementara itu, kepala dinas Pertanian Kabupaten Solok, Kenedy Hamzah mengatakan, saat ini perlu untuk memperhatikan peluang pasar langsung bagi petani, agar hasil pertanian tersebut bisa mereka jual dengan harga sewajarnya. 


"Berkaca kepada anjloknya harga bawang beberapa bulan lalu, kita ingin petani menemukan pasar alternatif agar komoditinya bisa mereka jual dengan wajar, bahkan saat harga pasaran merosot sekalipun," ujarnya. 


Ia sudah melakukan audiensi dengan petani, dan sepakat akan melakukan pembelian komoditi pertanian tersebut diatas harga tingkat petani. Para ASN Pemkab Solok akan membeli langsung ke petani diatas harga tingkat petani.


Hal ini diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat petani sekaligus dapat menekan angka inflasi di Kabupaten Solok. Dalam kegiatan itu tampak hadir Sekretaris Daerah, Medison, S.Sos, M.Si dan Kepala Dinas Pertanian, Kenedy Hamzah dan Kepala OPD lainya.(tmr)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama