Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok, Dinas Pangan Kota Solok Gelar Pasar Murah

Kota Solok, integritasmedia.com - PEMERINTAH Kota Solok melalui Dinas Pangan Kota Solok terus berupaya menjaga stabilitas harga pangan dan memastikan ketersediaan pangan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Solok. Salah satunya yaitu dengan diadakannya Gerakan Pangan Murah (GPM) bertempat di depan Masjid Agung Kota Solok, Selasa (27/2/24).


Sekretaris Dinas Pangan Kota Solok Efrizal Hasdi mengatakan, Gerakan Pangan Murah ini digelar untuk memastikan ketersediaan pangan pokok bagi masyarakat dengan harga terjangkau dan murah diakses.


“Pada kegiatan pangan murah ini kami menyediakan berbagai komoditi yang dapat dibeli masyarakat dengan harga yang murah, dan ini juga sebagai langkah antisipatif terhadap lonjakan harga bahan pokok menjelang Ramadha,” katanya.


Adapun komoditi yang disediakan pada gerakan pangan murah ini, dijelaskan Efrizal, yaitu Beras Bulog SPHP seharga 11.000/Kg, Minyak Goreng Rose Brand Rp.17.000,-/Liter, dan Gula Pasir Rosebrand Rp.17.500.


"Dan kehadiran gerakan pangan murah ini, tentunya diharapkan dapat disambut masyarakat dengan antusias, yaitu dengan ikut membeli bahan pangan yang harganya terjangkau dan berkualitas ini," katanya.


Untuk itu, disampaikan oleh Efrizal, ia merasa bangga dan sekaligus bersyukur dengan antusias masyarakat terhadap kegiatan gerakan pangan murah ini. Dan itu terbukti dalam waktu yang relatif singkat sudah menghabiskan sebanyak 110 Kg Beras SPHP, 75 liter Minyak Goreng Rose Brand, 75 Kg Gula Pasir Rosebrand,” ujarnya.


Dengan demikian, Efrizal Hasdi menambahkan bahwa kegiatan seperti ini akan terus dikembangkan untuk sepuluh komoditas pangan, dengan tujuan untuk stabilisasi harga dan membantu masyarakat kita khususnya di Kota Solok.


“Kedepannya pemerintah akan lebih tanggap terhadap fluktuasi harga pangan pokok, dengan turun langsung untuk stabilisasi harga, sehingga gejolak harga yang tinggi tidak sampai terjadi,” pungkasnya.


Sementara itu, Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Kota Solok Wisra menuturkan, Gerakan Pangan Murah akan dilakukan selama harga komoditas pangan khususnya 10 bahan pokok menimbulkan keresahan di masyarakat.


“Tujuannya bukan menjatuhkan harga di pasaran. Namun untuk stabilisasi harga pangan yang didukung oleh Perum Bulog Cabang Solok, sebab kemampuan beli dari masing-masing kita kan berbeda, dan untuk itu lah hal ini diperlukan,” ungkapnya.(tmi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama