Kembangkan Progam Pembinaan WBP, Lapas Kelas II B Solok Jalin Kerjasama dengan Pramuka

Kota Solok, integritasmedia.com - KWATIR Cabang (Kwarcab) 0310 Gerakan Pramuka Kota Solok menjalin kerjasama dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Solok. Kerjasama itu terkait pendidikan kepramukaan dalam pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).


Kerjasama itu ditandatangani langsung ketua Kwarcab Pramuka Kota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra dan Kepala Lapas Kelas IIB Solok Rio M. Sitorus, di ruang kerja Wakil Wali Kota Solok, Kamis (14/3/24).


Ketua Kwarcab, Ramadhani Kirana Putra mengatakan, melalui pembinaan organisasi Pramuka, warga binaan Lapas diharapkan dapat mengembangkan diri dan sikap dalam berkehidupan. Setiap WBP harus memiliki kepercayaan diri hingga cara berkomunikasi dengan baik.


“Setelah menjalani masa pembinaan di Lapas Kelas II B Solok, WBP tentunya akan kembali lagi ke tengah masyarakat. Untuk itu, perlu pembinaan yang baik agar nantinya bisa kembali beradaptasi dengan kehidupan yang lebih baik,” ungkap Dhani.


Dhani mengungkapkan, rata-rata anggota Pramuka mempunyai kecerdasaan emosional. Dalam kerjasama nanti, akan ada pembinaan terhadap warga melalui program yang telah disiapkan. Pembinaan akan dilakukan oleh korps pelatih Pramuka.


“Tentunya, kita juga akan menyiapkan materi dan pole pembinaan yang akan dilakukan untuk warga binaan. Sebab, ada perlu program yang sesuai sehingga tepat sasaran dan mampu memberikan efek perubahan bagi warga binaan,” beber Dhani.


Kepala Lapas Kelas IIB Solok, Rio M. Sitorus mengatakan, kerjasama antara Lapas Kelas II B Solok dengan Pramuka merupakan langkah positif dalam pengembangan pembinaan bagi warga lapas. Dengan adanya terobosan tersebut, akan memperkuat program pembinaan yang sudah ada.


“Lapas tidak bisa berdiri sendiri tanpa dukungan stakeholder lainnya. Saya sangat percaya, kakak-kakak pelatih di Kwarcab bisa memberikan motivasi dalam mengembalikan karakter yang baik kepada warga binaan,” sebut Rio.(tmi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama