Untuk Kenyaman 'Pulang Basamo', Dinas BMCKTR Sumbar Survei Infrastruktur Jalan dan Fasilitas Pendukungnya

Kadis BMCKTR Erasukma Munaf ketika mendampingi Gubernur Mahyeldi saat melakukan survei di ruas jalan Alahan Panjang - Surian. (foto-nirwan)

Padang, integritasmedia.com - BEBERAPA waktu menjelang hari raya (lebaran) Idul Fitri, sebagian besar warga mulai menyiapkan diri untuk mudik. Karena, bila lebaran tidak pulang kampung kurang afdol rasanya.


Seiring perkembangan waktu, kelancaran, kenyamanan, dan keamanan para pemudik selama dalam perjalanan telah menjadi perhatian dari pemerintah, agar aman, nyaman dan lancar selama di perjalanan dengan mendirikan posko-posko khusus. Pengerahan aparat keamanan untuk mengamankan lebaran. Dan, peningkatan infrastruktur jalan untuk kelancaran transportasi.


Apalagi, bagi orang Minang yang sejak kecil telah dididik untuk merantau, diperkirakan lebih dari dua juta orang di Jakarta saja akan mudik pada lebaran ini. Biasanya, saat mudik yang dikenal dengan istilah ‘pulang besamo’ mereka berkonvoi, dengan berbagai stiker ditempel di mobil, lalu disambut dan dielu-elukan sesampai di 'ranah bundo'.


Untuk menyambut pulang basamo di momen lebaran Idul Fitri tahun 1445 H/2024 M ini, Dinas Bina Marga Cipta Karya Tata Ruang (Dinas BMCKTR) Provinsi Sumatera Barat telah melakukan berbagai kegiatan pemeliharaan dan perawatan infrastruktur jalan dengan semua fasilitas pendukung yang berada di wilayah kewenangannya.


"Dinas BMCKTR telah dilakukan survei persiapan di beberap ruas jalan, dan untuk Kamis (21/3/24) ini survei untuk di ruas jalan Alahan Panjang - Surian. Survei tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapan infrastruktur jalan serta fasilitas pendukung lainnya guna mengantisipasi lonjakan arus mudik", ungkap Kepada Dinas BMCKTR Erasukma Munaf.


Dilanjutkannya, hasil survei tersebut akan menjadi dasar bagi pihak terkait dalam mengambil langkah-langkah strategis demi kelancaran dan keamanan para pemudik selama arus mudik dan balik pada perayaan lebaran nanti.


"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini akan dapat memberikan kenyamanan kepada perantau saat merayakan lebaran dan menghabiskan masa liburan panjang Idul Fitri bersama sanak famili di kampung", pungkas Erasukma.(nirwan/hendri)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama