Guna Terapkan Pemilu Damai, Walikota Zul Elfian Tekankan 472 Personel Satlinmas Siap Amankan TPS Pemilu Serentak 2024 di Kota Solok

Kota Solok, integritasmedia.com - SATUAN perlindungan masyarakat (Satlinmas) mempunyai peran penting dalam penyelenggaraan pemilu. Peran tersebut berkaitan dengan penangganan Ketentraman, Ketertiban dan Keamanan dalam Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 di Kota Solok.


Hal ini ungkapkan Wali Kota Solok, Zul Elfian saat menandatangani Berita Acara serah terima Satlinmas PAM TPS Pemilu 2024 di Kota Solok bersama Ketua KPU Kota Solok, Ariantoni di GOR Alimin Sinapa, Tanjung Paku, Kota Solok (24/1/24).


Turut hadir, Kapolres Solok Kota, AKBP Ahmad Fadillan, Ketua Bawaslu Kota Solok, Kasatpol PP Kota Solok, OPD Terkait, Camat, Lurah se-Kota Solok serta 472 Orang Satlinmas untuk menjaga 236 TPS di Kota Solok.


Zul Elfian me­ngatakan, sebagaimana ama­nat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat serta Perlindungan Masyarakat, salah satu tugas hak dan kewajiban adalah membantu penanganan ketentraman dan ketertiban umum dan keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu.


Pada hakikatnya Satlinmas merupakan warga Negara Republik Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk diangkat dan secara suka dan rela turut serta dalam kegiatan Perlindungan Masyara­kat. Sikap ini kapan saja sebagaimana sudah di atur da­lam Permendagri Nomor 26 Tahun 2020, terlebih lagi bersifat sosial.


"Pelaksanaan sosialisasi dan serah terima Satlinmas pengamanan Pemilu Tahun 2024 yang kita laksanakan hari ini bukanlah hal yang baru karena Satlinmas ini sebelumnya bernama Hansip yang sudah ada sejak Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujarnya.


Salah satu tugasnya adalah sebagai pelindung dan pengaman bagi warga negara ini dari ruang lingkup paling terkecil yaitu RT dan RW yang berada di Kelurahan. Untuk itu sangat perlu sekali Satlinmas dibekali dengan pengetahuan dalam melaksanakan tugas terutama dalam Pengamanan TPS pada Pemilu.


Anggota Satlinmas akan terjun langsung di lapangan, Pada akhirnya dapat menciptakan rasa aman dan nyaman ditengah-tengah masyarakat terutama Pengaman TPS Pemilu. Perlu perhatian oleh Satlinmas pada saat Pemungutan suara di TPS yaitu selalu menjaga Keamanan, ketertiban dan kelancaran Pelaksanaan Pemungutan Suara.


Lalu, Zul Elfian berharap, pemilu yang akan diselenggarakan 14 Februari 2024 serta 27 November 2024 mendatang bisa berjalan dengan kondusif dan aman. 


"Ada sekitar 55.832 jiwa lebih warga Kota Solok yang memiliki hak pilih. Lalu ada 236 TPS di Kota Solok. Mari tingkatkan kewaspadaan, mampu mendeteksi sejak dini terhadap potensi yang bisa menimbulkan ancaman dan gangguan sehingga tratibmas bisa terjaga di wilayah kerja masing-masing," tuturnya.


Sementara itu,Ketua KPU Kota Solok, Ariantoni mengapresiasi Pemko Solok yang sangat mendukung pelaksanaan pemilu serentak 2024. Termasuk dengan memperbantukan Satlinmas untuk mengamankan proses pemilu.


Pihaknya menyampaikan, ke depannya tantangan keamanan akan semakin kompleks, dan peran satlinmas menjadi semakin penting terutama dalam menghadapi Pemilu serentak 2024 ini.


"Berdasarkan pertimbangan ini, nantinya masing-masing dua anggota satlinmas akan berkolaborasi dengan TNI/Polri bersama PPS guna menjaga keamanan di 236 TPS yang tersebar di seluruh Kelurahan,"katanya.


“Serahterima satlinmas merupakan bentuk fasilitasi daerah terhadap pelaksanaan Pemilu 2024. Nantinya satlinmas ini akan kita tempatkan pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk membantu penanganan ketenteraman, ketertiban umum dan keamanan dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum," ungkap Ariantoni.(tomi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama