Targetkan Rampung Akhir Tahun 2024, Kota Solok Bakal Punya Gedung Perpustakaan Baru

Kota Solok, integritasmedia.com - MASYARAKAT Kota Solok bakal punya gedung layanan perpustakaan baru. Bangunan baru tersebut direncanakan akan dapat dipakai akhir tahun 2024.


“Alhamdulillah, mulai Maret ini, sudah dimulai pembangunan gedung perpustakaan baru yang akan dibangun sebanyak tiga tingkat. Target pindah kesana November atau Desember 2024,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, Wadirman, Rabu (20/3/24).


Dijelaskan Wadirman, lokasi perpustakaan tersebut dibangun di Kelurahan Simpang Rumbio dan berdekatan dengan Terminal Bareh Solok.


“Jadi letaknya memang ditengah-tengah keramaian yang dapat dijangkau oleh siapapun. Seluruh kegiatan masyarakat nantinya bisa dilaksanakan disini, baik tokoh adat, pemuda. Maupun kegiatan ekonomi seperti  menjahit, menyulam, maupun kursus lain nantinya,” ujarnya.


Dari Perpusnas sendiri, kata Wadirman, mendapatkan dana sebesar Rp.10 milliar untuk pembangunannya.


“Dengan syarat bisa mengembangkan perpustakaan ini. tentu ini menjadi tantangan bagi kami untuk dapat terus mengembangkannya,” tambahnya.


Gedung 3 lantai ini nantinya juga akan menjadi pusat pendidikan. Apalagi, dilantai tiga perpustakaan juga akan dijadikan khusus IT atau studio mini.


“Apalagi dekat dengan terminal mungkin nanti kami bisa juga mengembangkan minat baca dengan bekerjasama dengan agen terminal,” ungkapnya.(tmi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama